PANDUAN PENULISAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (PPM) 2009

Ternyata tahun 2009 ini banyak perubahan untuk alokasi hibah penelitian maupun pengabdian khususnya hibah kompetisi DP2M DIKTI.  DP2M DIKTI juga merubah arah / tujuan kegiatan penelitian dan pengabdian. Hal ini dengan dituntutnya hasil (luaran) penelitian harus berupa : artikel jurnal akreditasi baik nasional maupun internasional, TTG, model pemberdayaan, HaKI, dll. Sehingga kita yang ingin mengusulkan proposal harus betul-betul memahami panduan dulu sebelum kita membuat proposal. Ini kunci dari penyusunan proposal karena para reviewer akan menilai kualitas proposal berdasarkan panduan yang sudah dipublish oleh lembaga hibah.

Berikut panduan penulisan proposal penulisan pengabdian pada masyarakat DP2M DIKTI TA. 2010, silahkan downloads file ini : panduanppm2009.

Panduan untuk kegiatan penelitian hibah kompotensi DP2M DIKTI TA. 2010 kelihatannya masih dalam proses editing. Kemungkinan akhir bulan April ini sudah di-upload melalui websitenya dikti (http://www.dp2m-dikti.net).

Untuk itu bagi dosen khususnya PTN (UNS) siap-siap proposal yang banyak aja karena banyak anggaran untuk kegiatan penelitian dan pengabdian. Sumber dana penelitian tsb seperti : dari DP2M (baik melalui block grant UNS, ato tersentral), DIPA UNS dll masih banyak dari sumber hibah dari instansi baik swasta maupun pemerintah.