PERKEMBANGAN KOMUNIKASI DEWASA INI

Sekarang ini pertukaran/transmisi data [suara, gambar, dan informasi] dapat terjadi dimanapun di muka bumi ini. Kecanggihan-kecanggihan tersebut mengubah pola kita berkomunikasi dengan orang lain. Kita tidak perlu lagi bertemu secara tatap muka tetapi dengan kecanggihan perangkat komunikasi tidak ada kendala untuk berhubungan dengan orang lain.

Berikut perkembangan perangkat komunikasi di masa depan:

  1. Sistem berbasis satelit; Ada beberapa macam sistem satelit nantinya akan memenuhi langit untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pertama adalah sistem TV siaran langsung. Kedua adalah sistem GPS (Global Positioning System). Ketiga adalah satelit yang dirancang untuk menangani ponsel. Keempat adalah satelit berkecepatan tinggi dan berorbit rendah sehingga pengguna bertukar data lebih banyak lagi dan layanan internet berbasis satelit.
  2. Dari 3G ke 4G; Telepon generasi ketiga berfungsi untuk mengirim dan menerima suara dan data pada kecepatan hingga 2 Mbps, setara dengan kecepatan koneksi internet broadband. Sedangkan telpon generasi keempat ditandai dengan layanan “i-mode” yaitu koneksi internet yang selalu on dan mampu mentransmisikan segala jenis data internet mulai dari game hingga musik.
  3. Fotonik: teknologi optik pada kecepatan luar biasa; Fotonik telah mencapai suatu tingkat penemuan yang memungkinkan serat kaca bisa membawa lebih banyak sinyal cahaya dibandingkan sebelumnya.
  4. Software-defined Radio; yaitu radio yang dikontrol perangkat lunak yang bertujuan untuk menggunakan perangkat lunak, bukan perangkat keras, untuk mengontrol beberapa piranti nirkabel yang mampu mengenali dan mengelola sinyal. Dengan cara ini, kita bisa berkomunikasi dengan peranti nirkabel apapun dan meng-upgrade ke sistem yang baru, seperti halnya teknologi selular generasi baru, tanpa harus mengganti perangkat keras yang sudah ada.