CATATAN BIMBINGAN KP DAN SKRIPSI

Bagi mahasiswa D3 TKJ dan S1 SK yang sedang menyusun laporan KP dan skripsi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Cermati dan patuhi panduan penyusunan laporan
  2. Bagaimana mulai menulis ? Mulailah dengan bagian yang termudah, mungkin saja: bagian Bahan dan Metode, sesudah itu barangkali Latar Belakang (Pendahuluan), dan terakhir (kalo perlu) penulisan/perbaikan judul.
  3. Sesudah semuanya selesai ditulis, biarkan atau endapkan beberapa hari, kemudian luangkan waktu untuk membaca dan memeriksa kembali.
  4. Hilangkan kebiasaan menulis istilah asing sedangkan istilah tersebut sudah ada pada glosarium (CD Program Glosarium Istilah Asing – Indonesia silahkah pinjam di jurusan). Karena laporan Anda akan dibaca kalangan yang lebih luas, bukan hanya untuk pembimbing.
  5. Hindari kesalahan ketik, penggunaan huruf miring dan kapital, pengejaan kata, pemenggalan kata, kata depan, kata imbuhan, tanda baca dll. untuk lebih jelasnya silahkan klik Pedoman EYD.
  6. Hanya pustaka yang diacu di dalam tubuh tulisan saja yang dapat dimuat dalam daftar pustaka dan dengan demikian sumber acuan yang ada dalam Daftar Pustaka harus ada di dalam tubuh penulisan.
  7. Pada bagian Tinjauan Pustaka cantumkan pustaka terbaru (uptodate), relevan, dan asli. Pengacuan disini tidak perlu sampai tuntas, tetapi secukupnya saja.

Demikian catatan pembimbingan, mohon dicermati dan diperhatikan.