NASEHAT UNTUK DIRI SENDIRI [“PERKELING TUMRAP SING GELEM MAWAS DIRI”]

Banyak sekali permasalahan di bangsa ini. Kemiskinan, kebodohan, dan ketidakpedulian antar sesama sudah menjadi menu di hadapan kita. Tapi kita lupa dan tidak merasa bahwa kita merupakan satu bagian dari krisis tersebut. Kita harus mencoba dengan diawali diri kita sendiri dan keluarga kita serta kalo bisa lingkungan sekitar. Kita didik anak-anak kita supaya menjadi orang-orang yang siap dalam menghadapi tantangan hidup ini. Kita ceritakan sengsara dan kegagalan-kegagalan saat kita mempertahankan hidup dan mencari peluang di kehidupan. Ini supaya menimbulkan rasa kemandirian dan harapan masa depan anak-anak. Harapan kita adalah supaya anak-anak tidak menggantungkan nasibnya kepada jabatan, kekuasaan, dan harta orang tua. Supaya harapan tersebut terwujud kita harus memberi bekal yang cukup untuk bertarung menghadang krisis ini.

Ingat….!… Selalu ada peluang bagi orang-orang yang mau berusaha, tinggal kita… apakah kita mau membuka diri…? atau tidak…. Gengsi, malas, malu, sombong….tidak akan menghantarkan kita kepada Impian dan cita-cita kita….jika kita kita berfikir positif kita akan berhasil tapi jika kita berfikir ragu kita akan gagal, musuh besarmu adalah dirimu sendiri…..

Dan Ingat… ! .. JANGAN TAKUT GAGAL !, Kesuksesan sejati adalah akumulasi dari kegagalan-kegagalan kecil maupun besar yang mampu kita atasi.

Sudah saatnya….. jika kita punya hutang…jangan pikirkan hutangnya tapi pikirkan cara dan kapan harus membayarnya. Jika kita punya masalah… jangan pikirkan masalahnya tapi apa solusi dari masalah kita… bukakankah pepatah mengatakan :

  1. Dimana ada kemauan di situ ada jalan.
  2. Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasillah dia.
  3. Barang siapa yang bersabar, maka sampailah dia ke tujuan.
  4. Rejeki itu akan diberikan kepada orang-orang yang mau bekerja keras, BUKAN KEPADA SI PEMALAS.
  5. Kesombongan dan kecongkakan adalah milik yang DI ATAS.