G4G4N

April 15, 2009

Tawaran Proposal Penelitian DP2M DIKTI TA. 2010

Filed under: BERITA — Tags: , , — margono @ 10:44 am

Dengan hormat kami beritahukan bahwa untuk pendanaan Tahun Anggaran 2010 DP2M Ditjen Dikti masih memberikan kesempatan kepada para dosen peneliti  untuk mengajukan usulan Penelitian  Fundamental, Hibah Bersaing , Hibah Pekerti  dan RAPID
Oleh karena itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNS mengharapkan para dosen peneliti untuk mengikuti Kompetisi tersebut.

Secara rinci, informasi penelitian   tersebut adalah sebagai berikut:

A. Penelitian Fundamental
1. Penelitian Fundamental adalah upaya menumbuhkembangkan sifat penelitian yang mampu mengembangkan inovasi dan kreativitas serta menghasilkan keluaran akhir bersifat model saintifik yang dapat dikembangkan menjadi model ekonomis dalam jangka panjang.
2. Bidang-bidang yang diprioritaskan adalah: Pertanian, Teknologi, MIPA, Kesehatan dan Sosial.
3. Tema bebas, ada unsur kebaharuan, topik sesuai kreasi peneliti, biasanya hasil penelitian ini tidak siap untuk dipakai secara langsung.
4. S3 atau Lektor Kepala keatas.
5. Tim maksimum terdiri 3 (tiga) peneliti.
6. Tidak merangkap sebagai ketua peneliti program DP2M lainnya pada tahun yang sama.
7. Diutamakan bagi dosen yang ada relevansinya dengan bidang keilmuan dan mata kuliah yang diampu.
8. Dana Maksimal Rp. 40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah)
9. Jangka waktu penelitian 8 – 10 bulan
10. Waktu Pelaksanaan maksimum 2 periode
11. Cover Warna Abu-Abu.

B.  Penelitian Hibah Bersaing
1. Penelitian Hibah Bersaing adalah penelitian yang berjangka waktu maksimum 3 tahun.
2. Tema bebas, original, ada unsur kebaharuan, ada relevansinya dengan latar belakang peneliti dan berkaitan dengan matakuliah yang diampu.
3. Pendidikan minimum S2
4. Dana maksimal Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) pertahun.
5. Tim peneliti maksimal 4 ( empat ) orang, diutamakan multidisiplin.
6. Maksimum 2 x sebagai ketua dan/atau anggota, kecuali bagi peneliti yang berhasil mempublikasikan hasilnya pada jurnal internasional dan memperoleh HKI dapat mengajukan untuk periode berikutnya.
7. Tidak merangkap sebagai ketua peneliti dan/atau program DP2M lainnya pada tahun yang sama.
8. Peneliti hanya diperbolehkan untuk mengusulkan 1 (satu) proposal hibah bersaing pada tahun yang sama.
9. Waktu pelaksanaan maksimum 2 periode, kecuali bagi peneliti yang berhasil mempublikasikan hasilnya pada jurnal internasional dan memperoleh HKI dapat mengajukan untuk periode berikutnya.
10. Cover warna : Orange

C.  Penelitian Hibah Pekerti
1. Penelitian Hibah Pekerti adalah penelitian yang berjangka waktu maksimum 2 tahun.
2. Tema bebas, original, ada unsur kebaharuan, topik disepakati dan hasil kreasi TPP dan TPM, diharapkan dapat menjadi ciri khas TPP dan terkait dengan bidang keilmuan dan  matakuliah yang diampu.
3. Memahami/mengetahui Road Map penelitian yang akan dilakukan.
4. Setiap TPM hanya diperkenankan menerima maksimum 2 TPP.
5. Susunan tim peneliti TPP terdiri atas ketua, maksimum 2 anggota.
6. Tim peneliti TPP minimum S2.
7. TPP tidak berstatus mahasiswa, tidak memegang jabatan structural.
8. Tim peneliti TPM terdiri atas ketua dan 1 anggota.
9. Tim peneliti TPM harus S3.
10. Tidak berasal dari PT yang sama.
11. TPP lulusan luar negeri baru dapat bermitra dengan TPM luar negeri setelah 2 tahun sejak kelulusannya.
12. Dana maksimal Rp. 75.000.000,00 ( tujuh puluh lima juta rupiah) pertahun.
13. Waktu pelaksanaan maksimum 2 periode
14. Cover warna : Biru muda.

D.  Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID)
1. Penelitian RAPID adalah penelitian yang berjangka waktu 3 tahun.
2. Pengusulberpendidikan Doktor S3
3. Tim pelaksana Rapid sebanyak banyaknya terdiri dari 5 (lima) orang.
4. Mitra pengusul adalah badan Usaha berstatus badan hokum.
5. Tergolong industri menengah keatas.
6. Dana maksimum Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) pertahun.
7. Cover warna UNGU

Seorang dosen pada tahun yang sama hanya diperbolehkan menjadi Ketua dari  1 (satu) kegiatan. Apabila tidak menjadi ketua, hanya diperbolehkan menjadi anggota dari 2 (dua) kegiatan yang berbeda.

Rincian masing-masing penelitian serta panduan penulisan proposal, dapat dilihat pada Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian  Edisi VII Tahun 2006  yang diterbitkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Berikut informasi lebih lanjut tentang tata cara pengumpulan proposal:
- Halaman pengesahan dan format usulan penelitian 2009, silahkan download file berikut: formatUsulanPenelitian.xls
- Penyerahan proposal penelitian draf awal untuk di Reviewer Internal  paling lambat tanggal 27  April  2009  ke LPPM UNS sebanyak 1 eksemplar.
- Pengambilan proposal draf awal untuk diperbaiki tanggal 3 Mei 2009
- Penyerahan Proposal penelitian  yang sudah diperbaiki paling lambat tanggal 8 Mei 2009 ke LPPM UNS, sebanyak 4 Eksemplar dan 1 keping CD  Berisi format usulan penelitian 2009 (file excell yang sudah diisi).
- Proposal yang melebihi batas waktu tidak akan dikirimkan ke DP2M Ditjen Dikti.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

76 Comments »

  1. kalau boleh tahu..bisa tidak aku minta panduan penulisan proposal PPM tahun 2010……………
    mohon bantuannya yah…………..

    Comment by iwan — April 15, 2009 @ 3:06 pm

  2. ok silahkan download.

    Comment by margono — April 15, 2009 @ 3:42 pm

  3. untuk panduan penelitian emang belum ada dari dikti, katanya baru tahap editing ato disempurnakan. Kita tunggu aja seharusnya akhir bulan april ini udah keluar.

    Comment by margono — April 15, 2009 @ 3:44 pm

  4. Ass. Mohon informasinya batas akhir penyusunan penelitian hibah bersaing dan dalam bentuk apa pengirimannnya. (pakai stempel pos atau CD)

    Comment by STIA Setih Setio Muara Bungo — April 21, 2009 @ 2:21 pm

  5. batas akhir pengumpulan proposalnya adalah 8 mei sebanyak 4 eksemplar dan CD file excell (lembar pengesahan) [yang penting filenya, boleh pakai flashdisk yang nantinya biar di-copy oleh petugas].

    Comment by margono — April 22, 2009 @ 2:27 pm

  6. Saya memang belum pernah terlibat dalam penelitian dari dikti, tapi ada satu hal yang mengganggu pikiran saya yaitu mengapa pengawasan pelaksanaan penelitian di lapangan seperti asal-asalan. Kadang-kadang hasil dijiplak dari penelitian lain yang diganti cuma tempat dan waktunya. Belum lagi dana disunat sana-sini oleh birokrat di PTS. Apakah memang lemah sistem pengawasan dikti ? Saya jadi ragu, jangan2 memang ada kongkalikong antara tim dengan calon penelitinya. Sekian, terima kasih.

    Comment by satrio — May 22, 2009 @ 12:16 pm

  7. mohon penjelasan untuk penelitian Hibah Bersaing apakah boleh pendidikan anggota peneliti S1 sedang pendidikan ketua peneliti S2, makasih infonya Pak

    Comment by isdawimah — May 25, 2009 @ 8:14 pm

  8. Persyaratan tersebut berlaku bagi ketua dan anggota. Karena peraturan sekarang mulai tahun 2007 dosen harus sudah s2 (baik dosen PTN maupun PTS). Untuk yang bergelar S-1 penelitian yang boleh diikuti adalah Studi Kajian Wanita, Penelitian Muda dan sejenisnya.

    Comment by margono — May 27, 2009 @ 3:23 pm

  9. assalamuallaiukum

    mau tanya kepada bpk/ibu.
    nama saya riansa panji, saat ini saya sedang penelitian untuk menyelesaikan sarjana saya di jurusan teknologi pangan UNPAD.
    namun kendala yang saya hadapi adalah biaya penelitian.
    saya mohon jika ada info tentang dana penelitian mungkin bisa mengirim email ke riansapanji@yahoo.com/08569 70 77 223
    penelitian saya seputar pembuatan tepung madu.
    mengingat di indonesia masih impor tepung madu, akhirnya saya tertarik dengan topik tersebut. trims

    Comment by panji — July 11, 2009 @ 11:25 pm

  10. Ass.wr.wb. Mohon info pengajuan proposal Hibah Bersaing, sbb :
    1. Dalam satu tahun, penelitian Hibah Bersaing ditawarkan berapa kali? Apakah hanya 1 kali aja (april/Mei) yang lalu atau ada lagi pada bln sept/Okt?
    2. Untuk TA 2010, batas akhir proposal HB apa sudah lewat?
    3. Untuk tahun selanjutnya, HB ditawarkan kira-kira pada bulan apa?
    Demikian pertanyaan saya seputar HB, trims sebelumnya atas perhatian dan komentarnya pak.

    Comment by Setya Budi, MT — August 10, 2009 @ 9:18 am

  11. Berikan panduan nya … pak…. kalau bisa dikirimkan ke Perguruan tinggi

    Comment by andre anggara — August 19, 2009 @ 2:11 pm

  12. Kepada YTH, Koordinator TIM reviwer Proposal
    Saya salah satu peserta seleksi Penelitian Hibah Bersain yang didanai DIKTI, mohon di kirimkan kepada kami kekurangan-kekurangan dari proposal kami, demi untuk perbaikan ke depan.

    Saran : Jika DIKTI menginginkan regenerasi calon-calon peneliti muda, tolong alasan penolakan dikirimkan kepada peserta seleksi.

    Comment by Arsyik ibrahim — November 15, 2009 @ 3:01 pm

  13. Mohon dikirim info apabila ada tawaran penelitian tahun 2010. Terima kasih

    Comment by Dewi Puspitasari — November 29, 2009 @ 8:12 pm

  14. kalau boleh tahu untuk Penelitian Dosen Muda Anggaran 2010, dimana bisa di download

    Comment by Rivolan — November 30, 2009 @ 2:10 am

  15. Kl PDM dan SKW anggaran th. 2010 sudah terakhir. PDM dan SKW ini hibah bagi PTS sedangkan PTN diserahkan kpd kebijakan institusi/PT-nya masing-masing

    Comment by margono — December 7, 2009 @ 3:51 pm

  16. Request…..! Pak, mohon bantuan untuk mengirimkan format panduan penulisan penelitian dan pengabdian masyarakat yang terbaru. yang ada sekarang saya lihat itu terbitan tahun 2006. apakah ada yang terbaru (2010)?

    Comment by Syaifullah — December 17, 2009 @ 12:27 pm

  17. pak…. apakah ada format panduan penelitian dan pengabdian 2010?

    Comment by Syaifullah — December 17, 2009 @ 12:28 pm

  18. Kalo pengabdian ada yang baru pak, spt: IbM, IbPE, IbK, IbKK, IbW yang ada pada panduan PPM2009, sedangkan untuk penelitiannya blm ada tp kalo hibah2 yang baru seperti Hb kompetitif, stranas, publikasi internasional biasanya panduannya sendiri2 dan tidak menjadi kumpulan panduan penelitian. Jadi tahun 2010 misal penelitian yang otonomi PT, PT ybs menerbitkan buku panduan. Misal LPPM-UNS ada buku Panduan Stranas UNS 2010… tlg awal tahun 2010 ini sering-sering buka web LPPM krn akan ada byk tawaran P2M [kalo dana P2M universitas jadi dinaikkan]

    Comment by margono — December 23, 2009 @ 11:57 am

  19. Saya adalah dosen PTS. Pertanyaan saya : Penelitian stranas UNS apa hanya untuk lingkungan dosen UNS…. minta info…

    Comment by yudi rinanto — December 26, 2009 @ 4:32 pm

  20. apakah masih ada peluang untuk pengajuan proposal pada awal tahun ini? dan kalau sudah tidak ada kapan ada pwmbukaan lagi? trm ksh

    Comment by dina aldaria — January 7, 2010 @ 9:33 am

  21. Pak Margono.
    Salut untuk blog bapak yang bagus dan bermanfaat.
    Pak, terkait berita tantang bantuan penelitian di atas. Apakah ada link di internet ke panduan-panduan? Saya sudah coba cari di website dikti tapi tidk ketemu

    Trims Pak

    Kun

    Comment by Kunaifi — January 9, 2010 @ 10:37 am

  22. periode untuk penelitian dan pengabdian tahun 2010 biasanya mulai bulan Maret s.d. Mei (penelitian dan pengabdian reguler: HB, Fundamental, Pekerti, KNRT, IbM, IbPE dll). Misal ada P2M tambahan misal stranas batch 1 s.d… , publikasi internasional… itu tergantung pihak sumber dana hibahnya.

    Comment by margono — January 11, 2010 @ 8:39 am

  23. kalo untuk P2M dikti reguler: http://dp2m.dikti.go.id/data/panduan7/panduanvii.html
    sedang kalo project/sumber hibah lain panduan biasanya melekat dengan rilis-nya.

    Comment by margono — January 11, 2010 @ 8:42 am

  24. Ass. Yth. Dirjen Dikti. Apa ada bantuan dana untuk penelitian dalam rangka pembuatan tesis bagi mahasiswa S2 yang bukan dari Dosen (untuk umum).Bgmn caranya? Wass.

    Comment by nursidik — January 11, 2010 @ 7:23 pm

  25. maaf ini bukan dari Dirjen Dikti, setahu saya penelitian untuk tesis maupun disertasi tidak ada dan tidak boleh, yang ada beasiswa S2 dan S3 baik dalam dan ato luar negeri.

    Comment by margono — January 12, 2010 @ 8:55 am

  26. DP2M Yth.

    Saya punya usulan untuk Hibah Doktor (HD). Saat ini seorang dosen dari universitas A yang sedang menmpuh pendidikan doktor di unversitas B, dapat menerima bantuan dana peneitian berupa HD melalui universitas B (tempat pendidikan) secara kompetisi. Bantuan tersebut secara kuantitas jumlahnya terbatas, sehingga tidak semua mahasiswa doktor dapat menerimanya. Padahal semua mahasiswa doktor dalam negeri sangat membutuhkan dana itu. Oleh sebab itu, saya mengusulkan jika si mahasiwa (dosen dari univ. A) tidak dapat menerima bantuan dana HD lewat universitas B, maka mungkin lebih baik jika si mahasiswa (dosen univ. A) diberi kesempatan dengan mengusulkan HD melalui universitas A. Terima kasih.

    Chairul Paotonan
    Dosen FT. Unhas, Makassar)
    Mahasiswa Doktor FT-UGM

    Comment by Chairul Paotonan — January 23, 2010 @ 9:38 am

  27. Saya mhs S3. Bagaimana cara mendapatkan Hibah Doktor? Persyaratan dan waktu pendaftaran?

    Comment by Hapsari — February 12, 2010 @ 10:46 pm

  28. aslm, pak tolong kirimkan panduannya ya… terima kasih

    Comment by Maniso — February 17, 2010 @ 12:28 pm

  29. maaf kalo panduan tahun 2010 dp3m dikti belum dipublikasikan. kita tunggu saja diweb-nya dikti: http://dp2m-dikti.net

    Comment by margono — February 18, 2010 @ 9:49 am

  30. boleh tidak kami sebagai mahasiswa mengikuti program ini?

    Comment by Revandi Laprialdo Siregar — February 19, 2010 @ 3:10 am

  31. ooh tidak boleh kalo mahasiswa ada program tersendiri yaitu Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) info lengkap silahkan kunjungi http://dp2m-dikti.net/

    Comment by margono — February 19, 2010 @ 8:59 am

  32. Did you use an assistance of a classification essay service for your good enough article? I think that you really have unique argumentative essay composing ability. Thank you very much for sharing this!

    Comment by LacySweet25 — February 25, 2010 @ 8:10 am

  33. Dp2m Dikti Yth,
    kami sebagai dosen PTS, juga berkeinginan melakukan penbelitian Hibah bersaing, serta lainnya. Bapak tidak mencamtumkan apakah PTS dapat melakukan ini?.
    Kita ketahui bahwa seperti UTU, atau swasta lainnya yang baru lahir, tapi dosennya telah banyak pula yang mempunyai kepangkatan akademik, apakah wajib lektor, atau lektor kepala atau boleh AA.

    comment by agustiar, Maret 2010 @12.10 am

    Comment by agustiar — March 6, 2010 @ 1:16 am

  34. Untuk informasi pengumuman penelitian fundamental dan hibah bersaing tahun anggaran 2010 apakah sudah diumumkan. Kalau sudah dimana saya bisa download?
    Apakah ada dana bantuan dari dikti/DP2M atau sejenisnya untuk riset S3 lokal (universitas dalam negeri) selain dari BPPS? Terimakasih atas infonya pak. Salam

    Comment by nahesson — March 6, 2010 @ 3:06 pm

  35. saya mau tanya, ada tidak beasiswa untuk penelitian tugas akhir S1

    Comment by anita — March 7, 2010 @ 4:37 pm

  36. ada tidak beasiswa untuk penelitian tugas akhir untuk mahasiswa s1

    Comment by anita — March 7, 2010 @ 4:38 pm

  37. @ annita: oo maaf penelitian untuk skripsi/tesis/disertasi tidak ada dan tidak diperkenankan.

    Comment by margono — March 8, 2010 @ 9:35 am

  38. @nahesson: untuk penelitian multitahun (fundamentel, hb bersaing, dll) diperkirakan tahun ini adalah bulan mei, kita tunggu saja buku panduan dari dikti ato silahkan kunjungi http://lppm.uns.ac.id ato http://dp2m-dikti.net

    Comment by margono — March 8, 2010 @ 9:45 am

  39. @agustiar: dosen PTS jelas juga boleh pak… asal kita memenuhi persyaratan yang ada di panduan penelitian. kira2 bulan mei panduan tsb akan dilaunching, silahkan kunjungi htt://lppm.uns.ac.id atau http://dp2m-dikti.net

    Comment by margono — March 8, 2010 @ 9:54 am

  40. Tks pak atas infonya… saya saat ini sedang mencari dana tambahan untuk riset S3 saya pak. Saya adalah mahasiswa BPPS di teknik UGM. Apakah saya boleh dan dapat menerima bantuan dalam riset S3 ini? kalau boleh dimana dan bagaimana caranya pak…Tks sebelumnya pak

    Comment by nahesson — March 9, 2010 @ 12:18 am

  41. @nahesson: kalo spt itu usulan saya adalah hibah pasca yang luarannya adalah tesis atau disertasi. Syarat pengusul adalah dosen yang mempunyai bimbingan mahasiswa pascasarjana sedangkan mahasiswa pascasarjana merupakan mahasiswa aktif yang memiliki nomor pokok dan disahkan oleh surat keterangan direktur program pascasarjana yang sama. Minimum 4 mahasiswa S2 dan 2 mahasiswa S3 dalam 3 tahun.
    Jadi yang mengusulkan adalah dosen pembimbingnya. dengan catatan kita harus bisa ngrayu dosen tsb agar bersedia mengajukan prososal kita. good luck….

    informasi lebih lengkap silahkan klik berikut ini, http://lppm.uns.ac.id/category/peluang-project/page/3/

    Comment by margono — March 9, 2010 @ 12:20 pm

  42. asss,,,

    ada nggak panduan nyusun proposal untuk tahun 2010??

    Comment by candra — March 10, 2010 @ 12:54 pm

  43. @candra: silahkan download pada web berikut: http://lppm.uns.ac.id/files/2010/03/buku_panduan_edisi_vii_multitahun.zip

    Comment by margono — March 10, 2010 @ 1:19 pm

  44. thankzz atas informasinya ya,,,,,,,,,,,,,,

    aslamualaikum

    Comment by candra — March 10, 2010 @ 2:42 pm

  45. sy dosen Kopertis Wil XII merasa sangat terbantu dengan web Pak Margono ini. makasih Pak, salam kenal, sukses slalu ^_^
    kalau panduan penelitian apa saja tahun 2010 telah dilauncing mohon di kirim ke email saya ya Pak, maklum di Timur teknologinya agak telat hehehe…
    salut buat Bapak…

    Comment by Ricardo — March 17, 2010 @ 10:17 pm

  46. @ricardo: berikut ini adalah tawaran hibah multitahun 2011 beserta panduannya silahkan di-download:
    - http://lppm.uns.ac.id/files/2010/03/tawaran_penelitian_multitahunta2011.pdf
    - http://lppm.uns.ac.id/files/2010/03/buku_panduan_edisi_vii_multitahun.zip

    Comment by margono — March 18, 2010 @ 8:32 am

  47. Pak Margono, Saya mohon kalau bisa pak, tolong di emailkan ke saya, bila ada tawaran-tawaran penelitian, Ok, Terimakasih pak.

    Comment by kerista Tarigan — March 18, 2010 @ 3:39 pm

  48. Pak Margono, Selamat atas Webnya, tapi mohon ya pak, kalau ada Hibah-hibah penelitian atau apa saja tentang penelitian, dimohon agar di email ke saya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    Comment by kerista Tarigan — March 18, 2010 @ 3:44 pm

  49. Some time before, I did need to buy a building for my business but I didn’t have enough money and couldn’t order anything. Thank goodness my dude suggested to take the business loans from trustworthy bank. Hence, I acted so and was satisfied with my short term loan.

    Comment by business loans — March 20, 2010 @ 2:38 pm

  50. tema stranas di 2010 apa saja

    Comment by rudi — March 22, 2010 @ 3:03 pm

  51. @ rudi: ada 12 tema pada stranas ta. 2010 ini, yaitu: (1) Pengentasan kemiskinan, (2) Perubahan Iklim dan keragaman hayati, (3) Energi baru dan terbarukan, (4) Ketahanan dan keamanan pangan, (5) Kesehatan, penyakit tropis, gizi & obat-obatan, (6) Pengelolaan dan mitigasi bencana, (7) Integrasi nasional dan harmoni sosial, (8) Otonomi daerah dan desentralisasi, (9) Seni dan budaya/industri kreatif, (10) Infrastruktur, transportasi dan teknologi pertahanan, (11) Teknologi informasi dan komunikasi, dan (12) Pembangunan manusia dan daya saing bangsa.

    Comment by margono — March 23, 2010 @ 10:27 am

  52. ini hanya buat dosen saja ya?. ada yang buat mahasiswa gak?

    Comment by sketsa — March 31, 2010 @ 8:54 pm

  53. @sketsa: iya… kalo penelitian bagi mahasiswa juga ada, namanya: PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa). Berikut ini panduan Program PKM, silahkan download: http://lppm.uns.ac.id/?attachment_id=938

    Comment by margono — April 1, 2010 @ 11:23 am

  54. saya dosen kopertis wilayah I. Kalau panduan penelitian edisi VIII udah keluar tolong dong dikirimi ke saya

    Comment by Ida — April 2, 2010 @ 11:44 am

  55. Saya mau tanya pa’, saya dosen Fakultas Teknik dari universitas negeri, sedang S3 di universitas Islam PS pemikiran islam, karena bidang saya tdk linear, mk diuniversitas tsb tdk memberikan beasiswa, Apakah kasus saya bisa mengikuti beasiswa hibah pasca dan doktor, atau ada yang lainnya, thanks

    Comment by Indrajaya — April 3, 2010 @ 12:13 am

  56. @ ida: OK bu.

    Comment by margono — April 5, 2010 @ 9:10 am

  57. @indrajaya: dicoba dulu aja pak, mungkin usulan riset (disertasi) bapak sangat bermanfaat shg dapat diterima.

    Kemudian tentang program riset bagi mahasiswa S3, yang saya tahu baru hibah penelitian disertasi doktor, berikut panduannya silahkan didownload: http://lppm.uns.ac.id/files/2010/03/hb-kompetensi-doktor-kerj-lu.zip

    Comment by margono — April 5, 2010 @ 9:17 am

  58. saya penerima bea siswa mahasiswa Fak. multi disiplin prodi S-3 Seni pertunjukan dan senirupa UGM staf pengajar musik ISI Surakarta. Disertasi penelitian saya akan diikut sertakan dalam penelitian Hibah bersaing untuk 3 tahun biaya 50 juta. Judul penlitian disertasi “Fungsi lagu-lagu perjuangan masa revolusi dan pasca kemerdekaan Indonesia” saya kirim segera apa boleh diikut sertakan pak terimakasih.

    Comment by wisnu Mintargo — April 13, 2010 @ 10:41 am

  59. Pak, saya adalah dosen muda, saya sangat tertarik mengikuti kompetisi penelitian ini, pengalaman saya masih rendah namun saya mempunyai beberapa ide berdasarkan hasil survey yang saya lakukan. Apakah dengan pengalaman yang minim ini saya boleh menjadi ketua peneliti mengingat ide ada dari saya atau saya harus jadi anggota saja. oh ya, saya juga mohon setiap informasi tentang penelitian dikti tolong Bapak kirimkan juga ke email saya. terima kasih.

    Comment by sri wahyuni — April 20, 2010 @ 11:51 am

  60. boleh2 aja bu.. yang penting persyaratannya memenuhi, contoh: hibah bersaing minimal peneliti sudah S2. tapi saran saya lebih baik kita gabung dulu dg kelompok peneliti yang ada di lingkungan panjenengan karena kebijakan sekarang penelitian merupakan penelitian kelompok. Artinya kita ngikut sebagai anggota dulu (INGAT … penilaian sebuah proposal biasanya pertama kali dilihat dari track record ketua peneliti baru anggotanya). Kalo persoalan ide dari panjenengan, itu tidak masalah bisa diatur di kelompoknya. OK bu… mungkin ini pandangan dari saya, ada salahnya saya minta maaf. SALAM BUAT KELUARGA.

    Comment by margono — April 21, 2010 @ 8:20 am

  61. Saya mohon petunjuk penyusunan proposal dan laporan penelitian dan perkenannya untuk dikirim ke email saya. Terima kasih.

    Comment by Faisol Azhari — April 27, 2010 @ 2:59 pm

  62. Saya mohon dikirim melalui email saya (bondet.overseas@yahoo.co.id) tentang panduan penyusunan proposal dan laporan penelitian yang terbaru. Terima kasih.

    Comment by Faisol Azhari — April 27, 2010 @ 3:01 pm

  63. Dikti yth, saya dosen Unras Bengkulu universitas swasta, sebagai pertimbamngan bagi dikti dalam menilai keandalan keilmuan seseorang atau kelompok dosen, ada baiknya mekanisme proposal(uraian tulisan ttg latar belakang, tujuan, metodologi , literatur)yang selama ini biasa dipergunakan, menurut hemat saya tidak mencerminkan keandalan seseorang peneliti, (maaf proposal bisa dikepek) karenanya ada baiknya dibuat forom diskusi atau debat terlebih dahulu untuk dosen-dosen peneliti dengan demikian kompetensi doden peneliti akan tercermin dengan baik. Setelah itu baru proses pengajuan proposal dilanjutkan, karena seseorang belum yentu bisa mengungkapkan idenya dengan baik tapi dengan ngepek (plagiat) terkesan kompeten

    Comment by labo — June 8, 2010 @ 6:33 pm

  64. Dikti yth, saya dosen Unras Bengkulu universitas swasta, sebagai pertimbamngan bagi dikti dalam menilai keandalan keilmuan seseorang atau kelompok dosen, ada baiknya mekanisme proposal(uraian tulisan ttg latar belakang, tujuan, metodologi , literatur)yang selama ini biasa dipergunakan, menurut hemat saya tidak mencerminkan keandalan seseorang peneliti, (maaf proposal bisa dikepek) karenanya ada baiknya dibuat forom diskusi atau debat terlebih dahulu untuk dosen-dosen peneliti dengan demikian kompetensi doden peneliti akan tercermin dengan baik. Setelah itu baru proses pengajuan proposal dilanjutkan, karena seseorang belum yentu bisa mengungkapkan idenya dengan baik tapi dengan ngepek (plagiat) terkesan kompeten

    Comment by den — June 8, 2010 @ 6:35 pm

  65. saya ingin dapat informasi tentang tata cara pengajuan penelitian hibah bersaing, serta jadwal waktu pengirimannya setiap tahun.

    Comment by i Wayan Sukasana — June 17, 2010 @ 9:07 am

  66. @ den: terima kasih

    Comment by margono — June 18, 2010 @ 2:40 am

  67. @ wayan sukasana: untuk tata cara pengajuannya adalah sbb:
    - setiap peneliti harus mengajukan proposal sesuai dengan kaidah yang sudah ditentukan di Buku Panduan DIKTI edisi VII
    - Mengisi Form excell yang disertakan saat pengumpulan
    - Lembar pengesahan proposal harus hasil print-out dari program form excell dan harus disahkan oleh: Pejabat di Fakultas (dekan/ Pembantu Dekan I), dan Ketua Lemlit/LPM/LPPM di lingkungan PT.
    - Kemudian yang terakhir Lemlit/LPM/LPPM menggabungkan baik file excell: program untuk lembaga maupun proposalnya (rangkap 3) kemudian dibuatkan surat pengantar dari Ketua LEMLIT/LPM/LPPM untuk dikirimkan ke DP2M DIKTI

    BATAS PENGIRIMAN PROPOSAL UNTUK TAHUN INI ADL 27 MEI 2010, KALO UNTUK 2011 BIASANYA KALO TIDAK ADA PERUBAHAN JADWAL BIASANYA SAMA

    Comment by margono — June 18, 2010 @ 2:53 am

  68. Pak, saya mau tanya, kalau hibah Pasca Sarjana dikumpulkan kapan?

    Terima kasih,

    Santosa

    Comment by Santosa — August 9, 2010 @ 10:36 am

  69. kapan pengumuman seleksi proposal usulan PPM dp2m-dikti tahun 2010

    Comment by allo — September 5, 2010 @ 7:18 am

  70. Very informative post. Thanks for taking the time to share your view with us.

    Comment by finn — September 17, 2010 @ 1:41 pm

  71. Ass. Pak Margono, Mau tanya apakah untuk proposal ppm (pengabdian pada masyarakat) 2010 sudah ada hasilnya?? kalo belum kira2 kapan ya.. terima kasih.. wass

    Comment by ayu — September 29, 2010 @ 10:56 am

  72. Selamat pagi Pak Margono,
    Apakah belum ada pengumuman dari DP2M Dikti mengenai proposal-proposal hibah yang diajukan bulan mei 2010 ini? Soalnya, biasanya setiap tahun, bulan oktober sudah ada pengumuman proposal yang lolos untuk dipanggil presentasi, dan paling lambat akhir oktober/awal november sudah presentasi.
    Mohon infonya. terima kasih

    Comment by max mt — November 24, 2010 @ 12:26 am

  73. Selamat pagi Pak Margono,
    Apakah sudah ada info pengumuman dari DP2M Dikti mengenai proposal-proposal hibah yang diajukan bulan mei 2010 ini? Soalnya, biasanya setiap tahun, bulan oktober sudah ada pengumuman proposal yang lolos untuk dipanggil presentasi, dan paling lambat akhir oktober/awal november sudah presentasi.
    Mohon infonya. terima kasih

    Comment by max mt — November 28, 2010 @ 11:56 pm

  74. belum pak, kita tunggu aja di http://dikti.kemendiknas.go.id

    Comment by margono — December 27, 2010 @ 2:51 am

  75. terima kasih pa infonya,
    pa bgmn caranya mendapatkan hibah penelitian doktor,kebetulan sy mhs pasca unhas S3 kimia
    terima kasih sebelumnya…

    Comment by netty siahaya — February 12, 2011 @ 2:25 am

  76. @netty siahaya: kita tunggu aja infonya dari dikti pak… untuk program hibah 2011 ini infonya belum keluar pak… nanti kalo sudah coba upload pak…

    Comment by margono — February 15, 2011 @ 8:14 am

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image

Powered by WordPress