MENDESAIN DATA BASE

Dalam proses mendesain database terdapat beberapa langkah, yaitu :

  1. Analisis Persyaratan: Memahami dan mengetahui data yang harus disimpan dalam database, aplikasi apa yang harus dibangun di atasnya, jenis operasi apa yang akan digunakan, dst.
  2. Desain Data Base Konseptual: Informasi yang dikumpulkan pada tahap analisis persyaratan digunakan untuk mengembangkan deskripsi data tingkat tinggi. Tahapan ini sering dilakukan dengan menggunakan model E-R. Tujuannya adalah untuk menciptakan gambaran sederhana tentang data yang mirip dengan pemikiran pengguna / user.
  3. Desain Data Base Logika: Merubah skema E-R menjadi skema database relasional. Tujuannya adalah memperoleh skema konseptual pada model data relasional yang sering dinamakan skema logika.
  4. Perbaikan Skema: Analisis sekumpulan relasi dalam skema database relasional untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul dan memperbaikinya.
  5. Desain Data Base Fisik: Tahapan ini mencakup pembuatan indeks pada beberapa tabel, mengelompokkan beberapa tabel atau melibatkan desain ulang yang substansial terhadap beberapa bagian skema database.
  6. Desain Aplikasi dan Keamanan: Semua proyek perangkat lunak yang melibatkan sebuah DBMS harus mempertimbangkan aspek aplikasi yang berada di luar database sperti : enkripsi, digital signature, dan lain-lain.